Selamat Datang di Blog Berkati Ndraha untuk Ono Niha terimakasih atas kunjungan anda. punya kritikan dan masukan yang membangun serta tulisan atau artikel silahkan kirim ke email kami harian_nias@yahoo.co.id

Sabtu, 09 Januari 2016

Pengguna media sosial mesti memiliki Rasa Sosial

Screenshot facebook
Pernah ngak anda merasa kasihan, geram bahkan sedih ketika melihat postingan di media sosial yang bergitu vullgar memperlihatkan objek yang tak layak dipublis. Seperti korban kecelakaan, pembacokan dan lain-lain. Secara spontan yah kita pasti merasa kasihan dengan korban, prihatin, namun disisi lain ada rasa shock bahkan bisa-bisa jantungan loh... 

Nah rasa campur ke nano-nano itulah yang saya rasakan hari ini Melihat postingan salah seorang Netizen yang mengupload foto anak yg menjadi korban kecelakaan Lalu lintas tadi siang, Sabtu, 09/01/2016 di Desa Sogaeadu Kecamatan Sogaeadu Kab, Nias.
Bahkan bukan hanya foto, videopun langsung tayang, (Live) hingga kondisi kaki anak itu setelah di RS yang bisa dikatakan tak layak dipublis, karena pasca terjepit diantara roda dan gear. Rasa sosial itupun bertambah hilang dimedia sosial ketika ada banyak juga mereka yang mengshare foto dan video tersebut dari. yah.... tujuannya sih baik agar ada banyak mengetahui dan menjadi pembelajaran untuk kita semua.

Namun sebelum mengambil tindakan itu di media sosial apakah kita pernah berpikir jika itu tak layak di publis karena fotonya begitu vullgar tanpa di blur?, kasihan korbannya jadi korban bertubi-tubi.

Yah jika saya sarankan kepada Netizen apapun kejadiannya utamakanlah untuk melakukan kewajiban kita untuk melakukan tindakan pertolongan, silahkan dokumentasikan seperlunya tapi jangan langsung diposting dengan vullgar kegitu. Bijaklah mengshare siapa tau yang anda share dapat mengganggu org lain, krn kondisi seperti itu dapat membuat orang shock apalagi jika yang melihat adalah keluarganya kasihan kan.... yuk.. bijak menggunakan media sosial dengan rasa sosial yang tinggi.

Berikut tanggapan para Netizen, ketika hal yang tak dapat di contoh itu saya coba tuliskan di wall facebook saya.


Tanggapan Para Netizen